Monday, March 25, 2013

Peminat Snmptn Unhas Mencapai 80 Ribu

0 comments
Universitas Hasanuddin atau Unhas, merupakan perguruan tinggi negeri di Makassar, Indonesia, yang berdiri pada 11 Juni 1956. Terkait Snmptn, memasuki minggu kedua sejak pendaftaran Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2013 dibuka, sejumlah Perguruan Tinggi Negeri (PTN) mengaku jika jumlah peserta mengalami peningkatan. Tidak terkecuali di Universitas Hasanuddin (Unhas) Makassar.

Rektor Unhas Idrus Paturussi menyebut, tahun ini jumlah pendaftar di dua universitas negeri di Makassar, yakni Unhas dan Universitas Negeri Makassar (UNM) bertambah dua kali lipat dibandingkan tahun lalu. "Peminat di UNM dan Unhas dua kali lipat dari tahun lalu. Tahun lalu sebesar 40 ribu peserta, tahun ini sebanyak 80 ribu," ujar Idrus ketika berbincang dengan Okezone melalui telepon, Rabu (13/2/2013).



Idrus menyatakan, dari berbagai jurusan yang ada di Unhas, program studi (prodi) kedokteran masih menjadi favorit bagi para peserta SNMPTN. "Kalau di Unhas yang jadi favorit itu kedokteran. Ada sekira 15 ribu pendaftar," tuturnya.

Tahun ini, SNMPTN 2013 akan menerima hingga 60 persen kuota mahasiswa baru di 62 PTN seluruh Indonesia. Panitia menyediakan 150 ribu kursi bagi mahasiswa baru melalui jalur ini. SNMPTN 2013 dibuka melalui jalur undangan dengan mempertimbangkan nilai rapor selama tiga tahun dan nilai ujian nasional (UN).

Selain SNMPTN, terdapat dua jalur alternatif yang dapat ditempuh para calon mahasiswa dalam memperebutkan bangku di PTN. Pertama melalui Seleksi Nasional Bersama Perguruan Tinggi Negeri (SNBPTN) dan melalui jalur mandiri.

Sebagai info, bahwa Perguruan tinggi ini semula merupakan pengembangan dari Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia ketika Bung Hatta masih menjadi Wakil Presiden.



Read more

Snmptn Unair Diincar Lima Mahasiswa Asing

0 comments
Universitas Airlangga atau disebut juga Unair, merupakan perguruan tinggi negeri yang terdapat di kota Surabaya, Jawa Timur. Siswa pendaftar yang memilih Universitas Airlangga (Unair) dalam Seleksi Nasional Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2013 ditutup pada angka 38 ribu lebih. Jumlah tersebut didapatkan berdasarkan data terakhir pendaftar SNMPTN 2013 yang ditutup Senin, 11 Maret 2013 lalu pukul 22.00 WIB.

Ketua Pusat Informasi dan Humas Unair, Bagus Ani Putra mengatakan jumlah pendaftar tersebut mengalami peningkatan tajam dibandingkan tahun 2012. “Tahun lalu pesertanya 17.502 siswa pendaftar,” katanya saat ditemui di ruang kerjanya, Rabu (13/3) di Kantor Manajemen Unair Kampus C.



Ia menambahkan, sebenarnya total ada sebanyak 39.517 siswa pendaftar. Dari jumlah itu, ada sebanyak 39.014 yang sudah melakukan finalisasi. Sedangkan yang sah menjadi peserta SNMPTN 2013 alias sudah direkomendasi oleh kepala sekolah ada sebanyak 38.919. “Jumlah itu adalah yang memilih Unair sebagai PTN 1 dan PTN 2,” jelas Bagus yang juga Dosen Psikologi Unair itu. Sementara yang mendaftar Program Beasiswa Bidikmisi di Unair sebanyak 6.680 siswa pendaftar.

Lebih lanjut, ia merinci program studi (Prodi) dengan pendaftar SNMPTN 2013 terbanyak di Unair. Untuk kelompok Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) tiga prodi dengan pendaftar tertinggi berturut-turut ditempati oleh S1 Pendidikan Dokter, S1 Farmasi dan S1 Kesehatan Masyarakat. Sementara untuk kelompok Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS), tiga prodi tertinggi ditempati S1 Manajemen, S1 Akuntansi dan S1 Psikologi.

Lima Pendaftar Asing

Sementara pendaftar yang memilih Unair paling banyak berasal dari Provinsi Jawa Timur sebanyak 31.919 orang. Selanjutnya di posisi dua dan tiga ditempati oleh Jawa Tengah sebanyak 988 pendaftar dan Jawa Barat sebanyak 709 pendaftar. “Menariknya, ada lima pendaftar SNMPTN 2013 yang berasal dari luar negeri,” imbuhnya.

Untuk Provinsi Jawa Timur asal pendaftar tertinggi berasal dari Surabaya sebanyak 10.527 pendaftar, Sidoarjo 3555 pendaftar, Gresik 1.718 pendaftar dan Lamongan 1325 pendaftar. “Semua yang menjadi pendaftar nantinya akan bersaing untuk 2.532 jatah kursi di Unair melalui jalur SNMPTN,” tuturnya.

Usai mendaftar, proses seleksi dijadwalkan berlangsung mulai 9 Maret hingga 27 Mei 2013. Selanjutnya, hasil seleksi peserta SNMPTN 2013 akan diumumkan pada 28 Mei 2013. Peserta yang lolos akan dijadwalkan untuk melakukan proses pendaftaran ulang pada 11-12 Juni 2013.

Sumber: Kantor Manajemen-Warta Unair



Read more

Kampus UNP Targetkan 3.026 Bangku Untuk Snmptn

0 comments
Universitas Negeri Padang (UNP) adalah hasil konversi IKIP Padang menjadi universitas, yang pada mulanya bernama Perguruan Tinggi Pendidikan Guru (PTPG). Semenjak didirikan pada tanggal 1 September 1954, UNP telah mengalami banyak perubahan. Dalam sejarah perkembangannya, perubahan perubahan yang terjadi meliputi bukan saja nama dan tempat kedudukannya, tetapi juga status serta program program pendidikan yang dikembangkannya, sesuai dengan kebijakan untuk memenuhi tuntutan perkembangan pendidikan di tanah air.

Perubahan ini dapat diklasifikasikan dalam lima periode, yaitu periode PTPG Batusangkar, periode FKIP Universitas Andalas Bukittinggi di Batusangkar, periode FKIP Universitas Andalas Padang, periode IKIP Jakarta Cabang Padang, periode IKIP Padang dan periode UNP.



Sehubungan Snmptn 2013, Humas UNP, Amril Amir menyampaikan, bahwa daya tampung mahasiswa pada tahun 2013-2014 telah dibicarakan di tataran universitas, tentunya informasi mengenai SNMPTN tahun 2013 bisa didapatkan di kampus UNP, "Daya tampung mahasiswa baru di kampus kita sudah kita totalkan mengingat jalur undangan SNMPTN 2013, selain info dari pusat dapat diperoleh di kampus melalui Humas," imbuhnya.

Untuk daya tampung mahasiswa pada tahun 2013-2014, UNP menargetkan untuk reguler 80 persen yakni jalur SNMPTN undangan 3.026 bangku, SBMPTN 1.491 bangku total reguler 4.517 sedangkan reguler mandiri 20 persen yakni 1.181 dengan total keseluruhan 5698 bangku dari jumlah daya tampung. Kampus negeri tersebut akan menggelar sosialisasi mengenai jalur undangan SNMPTN 2013 ke tiap sekolah tingkat menengah atas dan sederajat di Sumatera Barat.




Read more

Persaingan Snmptn Unimed Naik Sekitar 4 Lipat

0 comments
Universitas Negeri Medan (disingkat UNIMED) merupakan perguruan tinggi negeri di Medan, Indonesia, yang berdiri pada 23 Juni 1963. Untuk Snmptn 2013 data pendaftar Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) melalui jalur undangan ke Universitas Negeri Medan (Unimed) hingga 1 Maret 2013 mencapai 23.516 orang.

Jumlah ini naik empat kali lipat dibandingkan tahun sebelumnya yang berjumlah sekitar 6.000 orang. “Iya,jumlah pendaftar naik empat kali lipat karena tahun ini semua sekolah bisa mendaftar SNMPTN jalur undangan,” kata Ketua Panitia SNMPTN Unimed Khairil Anshari di Medan, Jumat (1/3). Khairil menjelaskan, tahun lalu, penerimaan SNMPTN lebih sedikit karena pendaftaran siswa dibatasi oleh akreditasi sekolah.Hal ini berbeda dengan tahun ini karena semua sekolah yang telah terdaftar dalam Pusat Data Sekolah dan Siswa (PDSS) bisa mengikuti seleksi.



“Masih ada waktu sampai tanggal 8 Maret bagi siswa yang belum mendaftar,”ucap Khairil. Dari 23.516 siswa yang mendaftar untuk mengikuti SNMPTN jalur undangan ke Unimed, Khairil tidak bisa menguraikan jurusan yang paling diminati oleh para siswa di Perguruan Tinggi Negeri (PTN) itu. Sebab,Panitia Pusat SNMPTN sendiri tidak merincinya. “Tidak ada.Kami hanya diberikan data laporan jumlah pendaftar secara keseluruhan saja setiap hari,”ujarnya.

Khairil juga menyampaikan, jumlah kuota yang disediakan tahun ini untuk jalur undangan mencapai 50% dari daya tampung Unimed sekitar 4.000 kursi.Berbeda dengan tahun sebelumnya, yang diterima masuk hanya sekitar 30% atau 1.049 orang. Selain itu,pria yang menjabat Pembantu Rektor I Unimed ini mengatakan,dalam pendaftaran SNMPTN, siswa bisa mengajukan program beasiswa pendidikan miskin berprestasi (Bidik Misi).

Tercatat,hingga saat ini sudah ada 459 siswa yang mengajukannya. Kepala Bidang Pendidikan Menengah dan Kejuruan Dinas Pendidikan Pemko Medan Marasutan Siregar mengimbau sekolah-sekolah di Kota Medan agar mengingatkan siswa-siswanya mendaftar, sebelum 8 Maret nanti.Terlebih lagi,program ini gratis.

Mulai tahun ajaran 2000/2001, penyelenggaraan pendidikan di UNIMED dalam program kependidikan dan non-kependidikan dilaksanakan dengan mengacu pada format kurikulum bersama untuk bobot enam semester yang dinamai “Kurikulum Bersama Enam Semester Program Nonkependidikan dan Kependidikan” yang telah dimulai pada t.a. 2000/2001. Dengan format seperti ini diharapkan akan terjadi peningkatan mutu lulusan pada kedua jurusan/program studi terutama pada peserta program kependidikan (Sarjana Pendidikan/S.Pd) karena mempunyai kemampuan bidang ilmu yang sama dengan peserta program non-kependidikan.



Read more

Jalur Snmptn USU Tawarkan Banyak Beasiswa

0 comments
Universitas Sumatera Utara (USU) merupakan PTN yang berlokasi di Medan SUmatera Utara. Dalam penyelenggaraaan Snmptn 2013 menurut Kepala bagian humas USU Bisru Hafi, USU menetapkan sejumlah syarat peserta SNMPTN 2013 melalui jalur undangan antara lain siswa SMA/SMK/MA yang mengikuti UN tahun ajaran 2013/2014, dan memiliki prestasi akademik di sekolah pada tiap semester.

Siswa harus mengantongi rekomendasi dari kepala sekolah dan harus memiliki Nomor Induk Siswa Nasional (NISN), serta terdaftar pada Pangkalan Data Sekolah dan Siswa (PDSS)."Untuk PDSS ini, kepala sekolah yang akan mengisi. Nanti NISN dan password siswa akan dibagikan oleh sekolah untuk melakukan verifikasi," katanya.



Untuk pilihan PTN, tiap peserta dapat memilih paling banyak dua opsi PTN yang diminati. Jika memilih satu PTN saja, maka peserta bebas memilih PTN mana saja. Namun jika memilih dua PTN, maka salah satu PTN harus berada di provinsi yang sama dengan sekolah asal atau provinsi terdekat.

Sementara itu, untuk program studi, peserta dapat memilih paling banyak dua program studi yang diminati pada masing-masing PTN. Nantinya, pelamar akan diseleksi berdasarkan pilihan pertamanya dan apabila tidak terpilih,dilanjutkan pada pilihan keduanya.


Beasiswa yang ditawarkan di Universitas Sumatera Utara pada Tahun Akademik 2012/2013 adalah sebagai berikut:

1. Peningkatan Prestasi Akademik (PPA)
2. Bantuan Belajar Mahasiswa (BBM)
3. Bank Indonesia
4. Peduli Pendidikan
5. SUPERSEMAR
6. Toyota Astra
7. Pelayanan Kasih & A Rachmat
8. PT. Djarum
9. Tanoto Foundation
10. Tjipta Sarjana
11. Gas Negara
12. CIMB Niaga
13. Van Deventer – Maas Stichting
14. Karya Salemba Empat



Read more

Peminat Snmptn Unimal Mencapai 7.740 Orang

0 comments
Universitas Malikussaleh (Unimal) Aceh Utara pada tahun akademik (TA) 2012/2013 menampung sebanyak 3.765 mahasiswa baru yang penerimaannya dilaksanakan melalui jalur Bidik Misi, Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) dan Ujian Masuk Bersama Perguruan Tinggi Negeri (UMBPTN).

Demikian diungkapkan Ketua Sub Panitia Lokal (Panlok) SNMPTN Unimal, Ferri Safriwardi ST MT, melalui Sekretaris Panitia, Arif Rachman SH MHum, Kamis (14/3).



Universitas yang mengambil nama besar Raja Kerajaan Samudera Pasai pertama ini, tahun 2013 menerima mahasiswa baru melalui empat jalur. Untuk jalur Bidik Misi, dari kuota 300 mahasiswa, jumlah pendaftarnya mencapai 2.264 peserta.

Sementara yang masuk melalui jalur SNMPTN yang telah dilaksanakan pada 1 Februari-8 Maret pengumuman kelulusan dikeluarkan 28 Mei sedangkan pendaftaran ulang berlangsung pada 11-12 Juni.

Melalui jalur ini, Unimal menampung 1.862 mahasiswa sedangkan jumlah pendaftar yang memilih Unimal mencapai 7.740 orang. “Dua jalur lagi akan kami buka setelah ini. Jalur SBMPTN kami terima 1.130 orang, dan UMBPTN kami terima 773 orang,” ungkapnya.

Dijelaskan, SBMPTN dibuka 23 April 2013, tapi untuk Ujian Masuk Bersama Perguruan Tinggi Negeri (UMBPTN) belum ada jadwal karena belum ada keputusan dari panitia pusat.

Universitas Malikussaleh didirikan dengan mengambil nama besar Raja Kerajaan Samudera Pasai pertama, yang dilandasi pada semangat estafet kepemimpinan dan pembangunan yang telah diletakkannya melalui sifat kepeloporan, kedinamisan, serta patriotismenya Sultan Malikussaleh. Kerajaan Islam Samudera Pasai dalam sejarah tercatat sebagai Kerajaan Islam pertama di Nusantara yang menjadi cikal bakal pusat pengembangan dan penyebaran agama Islam di kawasan Nusantara dan Asia Tenggara, merupakan pusat Pendidikan Islam dan Ilmu Pengetahuan ternama yang mewariskan semangat pejuang bagi generasi penerusnya dalam mengembangkan agama Islam, ilmu pengetahuan, teknologi, seni, dan budaya yang telah menghasilkan Syech (Guru Besar) dan ilmuan lainnya. Sehingga kecemerlangan pemikiran mereka pada saat itu telah memberi dampak besar pada Era Kemakmuran dan Kejayaan, suatu Negeri Indah, Adil, dan Makmur yang Diridhai Allah SWT.



Read more

Persaingan Snmptn Undip Bisa Meningkat

0 comments
Undip atau akronim dari Universitas Diponegoro berusaha mewujudkan Visi untuk menjadi Universitas Riset yang Unggul. Pada penyelenggaraan Snmptn 2013, jumlah siswa yang mendaftar Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) melalui jalur undangan tahun 2013 di Universitas Diponegoro Semarang, Jawa Tengah, mencapai 53.641 siswa. Dibandingkan dengan tahun lalu, jumlah pendaftar SNMPTN melalui jalur undangan itu, meningkat.

Rektor Undip, Prof Sudharto P Hadi, mengemukakan, peningkatan jumlah siswa yang mendaftar di Undip salah satunya karena kebijakan SNMPTN jalur undangan, yang mengatur siswa yang mendaftar di provinsi tertentu, salah satunya harus memilih PTN yang berlokasi sama dengan sekolah asal.



"Jumlah ini jauh meningkat daripada tahun lalu untuk jalur SNMPTN sebanyak 35.214 orang, dan yang diterima 1.272 orang. Untuk tahun ini, rencananya akan diterima 4.006 orang dari jalur SNMPTN," kata Sudharto.

Sudharto menyebutkan, ada beberapa sekolah yang belum yang belum merekomendasikan siswanya untuk mendaftar SNMPTN. Oleh karena itu pihaknya mengimbau, agar sekolah segera merekomendasi para siswanya sebelum penutupan pendaftaran Jumat ini pukul 22.00 WIB.

Pada tahun ini, untuk masuk ke Undip, calon mahasiswa dapat mengikuti tiga jalur yakni SNMPTN, Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN), dan jalur mandiri. "Bagi calon mahasiswa yang kurang mampu secara ekonomi namun baik dalam akademis, kami juga menyediakan jalur Bidik Misi," katanya.

Hingga kini, jumlah pelamar program Bidik Misi Undip seba nyak 7.602 siswa. Pihak Undip telah mengajukan kuota Bidik Misi sebanyak 1.500 siswa untuk seluruh jalur.

Universitas Diponegoro (Undip) senantiasa berusaha menjadi universitas nasional yang dikenali dan terakreditasi secara internasional sebagai universitas riset. Program ini sesuai dengan tantangan era globalisasi saat ini. Era globalisasi memerlukan institusi pendidikan tinggi yang berkualitas tinggi untuk dapat menunjang pencapaian dalam kompetisi global yang sangat cepat perkembangannya.




Read more

Pendaftar Snmptn UNS Lebihi Target

0 comments
Universitas Sebelas Maret, biasa disingkat sebagai UNS, merupakan universitas negeri yang berada di Kota Surakarta. Jumlah pendaftar Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2013 yang memilih Universitas Sebelas Maret Surakarta (UNS) mencapai 61.055 orang.

"Dengan pendaftar sebanyak itu di UNS, berarti telah melampaui target yang ditetapkan yakni 40.000 orang. Pendaftaran SNMPTN 2013 ditutup Jumat ini," kata Ketua Panitia SNMPTN 2013 UNS, Prof Drs Sutarno MSc, PhD kepada wartawan di Solo, Jumat (8/3/2013).



Sutarno yang juga menjabat Pembantu Rektor I UNS mengatakan program studi yang tertinggi peminatnya adalah Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP). Peminatnya sebanyak 4.071 orang.

Posisi kedua program studi Pendidikan Dokter Fakultas Kedokteran yang tercatat 3.648 orang, sedangkan di posisi ketiga program studi Manajemen Fakultas Ekonomi 3.450 orang.

Ia mengatakan, dalam beberapa tahun terakhir, baik program studi PGSD maupun Pendidikan Dokter memang paling tinggi peminatnya. "Sedangkan pada posisi ketiga terjadi pergeseran. Jika tahun-tahun sebelumnya program studi Akuntansi Fakultas Ekonomi berada pada di posisi ketiga, kini digeser program studi Manajemen," katanya.

UNS-Solo selain terus berusaha meningkatkan kualitas pembelajaran, sebagai implementasi dharma yang kedua dan ketiga Tridharma Perguruan Tinggi, UNS juga terus berusaha meningkatkan kualitas produk penelitian dan pengabdian pada masyarakat. Upaya ini telah memberikan hasil yang cukup baik, pada tahun ini UNS berhasil memenangkan 40% dari 209 proposal penelitian kompetitif yang diajukan. Selain itu, juga berhasil meraih dana penelitian/pengabdian dari dana kemitraan dan kerja sama dengan Diknas Propinsi Jawa Tengah. Upaya peningkatan kualitas penelitian dan pengabdian pada masyarakat terus dilakukan oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian Pada Masyarakat (LPPM). Dalam melaksanakan tugasnya LPPM didukung 19 Pusat Studi yang menjadi bawahannya.



Read more

Sekitar 40000 Peserta Snmptn Bersaing di Unpad

0 comments
Unpad atau Universitas Padjadjaran Bandung salah satu PTN kebanggaan masyarakat Jawa Barat, diminati sekitar 40000 Peserta Snmptn yang memilih di PTN yang berpusat di Jl. Dipati Ukur Bandung tersebut. Hingga sekitar seminggu menjelang penutupan pendaftaran Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi (SNMPTN) 2013, sedikitnya 40 ribu calon mahasiswa memilih Universitas Padjadjaran (Unpad) sebagai tempat studi.

Wakil Rektor I Unpad, Engkus Kuswarno, menjelaskan, setiap hari ada sekira seribu orang mendaftar ke Unpad. "Namun, jumlah tersebut belum semuanya difinalisasi. Data calon mahasiswa yang sudah memfinalkan pendaftaran ada 29.051 orang pada akhir Februari 2013," kata Engkus seperti dinukil dari laman Unpad, Sabtu (2/3/2013).



Nantinya, para pendaftar SNMPTN ini akan diseleksi melalui keseluruhan nilai yang dimasukkan sekolah ke dalam Pangkalan Data Sekolah dan Siswa (PDSS). Panitia akan mengeliminasi pendaftar yang data nilainya di PDSS kosong dan tercatat pernah tidak naik kelas.

Sebagai info pada awal berdirinya Unpad memiliki 4 fakultas, dan saat ini telah berkembang menjadi 16 fakultas dan program pascasarjana. Program yang ditawarkan Unpad meliputi program doktor (S3) terdiri dari 9 program studi, program magister (S2) terdiri dari 19 program studi, 2 program spesialis, 5 program profesi, dan program strata I (S1) terdiri dari 44 program studi, Program Diploma III (D3) terdiri atas 32 program studi dan Program Diploma IV (D4) terdiri atas 1 program studi. Unpad juga memiliki Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) sebagai wadah untuk mengelola kegiatan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat.



Read more

Peminat Snmptn ITS Naik Sekitar 2 Lipat

0 comments
ITS atau singkatan dari Institut Teknologi Sepuluh Nopember yang terletak di Kota Surabaya Jawa Timur merupakan salah satu perguruan tinggi teknik terbesar di Indonesia. Pada tahun ini sekitar 24.770 siswa mendaftar studi di Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya lewat jalur Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2013.

Menurut salah seorang anggota Humas SNMPTN dari ITS, Dr Ismaini Zain di Surabaya, Selasa (12/3/2013), bahwa hingga penutupan pada Senin (11/3/2013) pukul 22.00 WIB, pendaftar ITS mencapai 24.770 orang, padahal pendaftar tahun lalu hanya mencapai 10.446 pendaftar, jadi ada peningkatan.



Dari jumlah itu, katanya, tercatat 24.495 pendaftar yang sudah menjalani proses finalisasi persyaratan, namun hanya 24.413 pendaftar yang direkomendasi untuk mengikuti proses pengecekan kelengkapan persyaratan SNMPTN 2013 akan dilakukan hingga 27 Mei.

"Untuk pendaftar yang memproses pendaftaran Bidik Misi (beasiswa pendidikan miskin berprestasi) tercatat 4.272 siswa," kata Ismaini, yang juga Kepala Badan Administrasi Akademik dan Keuangan (BAAK) ITS itu.

Ia menjelaskan ITS akan menerima 1.736 mahasiswa atau 50 persen dari jumlah pendaftar lewat jalur SNMPTN 2013, sedangkan tahun lalu hanya 700 mahasiswa yang diterima.

"Jurusan Teknik Informatika menjadi pilihan favorit, lalu peringkat berikutnya adalah Teknik Mesin, Teknik Industri, Teknik Elektro, dan Teknik Sipil," katanya.

Sementara itu, jurusan paling sepi peminat adalah Transportasi Laut. "Tapi, pendaftar pada jurusan itu masih harus bersaing, dengan daya saing hanya 1:2 atau dua orang memperebutkan satu kursi. Jadi, persaingan tidak ketat," katanya.

Sebagai info bahwa selain program reguler, ITS menyelenggarakan Program ekstensi pada beberapa program sarjana, diploma dan politeknik yang bertujuan memberi kesempatan kepada masyarakat khususnya pegawai negeri/swasta untuk memperoleh pendidikan lanjut dengan menggunakan fasilitas yang sama dan perkuliahan dilaksanakan pada sore/malam hari.



Read more

Peminat Snmptn di Unsyiah Capai 23.809.Orang

0 comments
Universitas Syiah Kuala atau Unsyiah, merupakan wujud dari keinginan rakyat Aceh. Jumlah calon pendaftar Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) di panitia lokal Universitas Syiah Kuala (Unsyiah) Darussalam Banda Aceh mencapai 23.809 orang.

Menurut Rektor Unsyiah Darussalam Banda Aceh, Samsul Rizal di Banda Aceh, Selasa (12/3/2013) bahwa hingga hari terakhir peserta SNMPTN yang terdaftar di panitia lokal Banda Aceh ada sekitar 23 ribuan siswa Sekolah Menengah Atas/sederajat.



Disebutkannya, dari total yang mendaftar tersebut setelah difinalisasi 23.269 orang, direkomendasikan sebanyak 23.140 orang sebagai peserta SNMPTN.

Ia mengatakan peserta SNMPTN yang masuk dalam data panitia lokal secara online itu merupakan data siswa yang dimasukkan oleh seluruh sekolah yang ada di 23 kabupaten/kota di provinsi ujung paling barat Indonesia itu.

"Alhamdulillah seluruh sekolah di Aceh mengisi data siswa dengan cepat sehingga banyak terdaftar dalam sistem," katanya.

Ia mengatakan seluruh peserta yang terdaftar itu akan memperebutkan sebanyak 3.000 kursi yang tersedia melalui jalur masuk SNMPTN yang ada di perguruan "jantong hatee" rakyat Aceh itu.

"Artinya, para peserta akan memperebutkan 3.000 kursi yang tersedia di berbagai disiplin ilmu yang ada di Unsyiah pada tahun 2013 ini," katanya.

Pihaknya akan memilih para peserta yang telah mendaftar tersebut sesuai dengan ketentuan yang telah ditetapkan sebagai syarat untuk menjadi peserta SNMPTN. "Kami akan melihat seluruh data yang dimasukkan oleh masing-masing sekolah dan kami berharap tidak ada data yang dipalsukan," katanya.

Samsul mengatakan pihaknya juga akan menggunakan nilai ujian akhir nasional sebagai pertimbangan pada SNMPTN 2013.

Kontak Unsyiah

Jika anda mempunyai pertanyaan dan saran, anda dapat menghubungi staf Unsyiah.

Jl. T. Nyak Arief Darussalam Banda Aceh 23111

Telp. (0651) 7553205, 7553248, 7554394, 7554395, 7554396, 7554398

Fax. (0651) 7554229, 7551241, 7552730, 7553408

Email : info@unsyiah.ac.id




Read more

Sekitar 39.905 Pendaftar Snmptn Bersaing di UNJ

0 comments
Pendaftar Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2013 Jalur Undangan di Universitas Negeri Jakarta (UNJ) sebanyak 39.905 pendaftar. Universitas Negeri Jakarta atau UNJ yang berkedudukan di Ibukota Indonesia Jakarta dijadikan pilihan pertama oleh sebanyak 19.677 calon mahasiswa dari 39.905 pendaftar. Demikian seperti disampaikan oleh Pembantu Rektor III Bidang Kemahasiswaan UNJ, Zaenal Rafli.

Nantinya, kata Zaenal, sebanyak 39.905 pendaftar itu akan memperebutkan kuota kursi sebanyak 2.400 untuk masuk dari SNMPTN 2013 jalur undangan.



"Kuota Mahasiswa baru kami ada 5.200. Nanti sisanya, 2.800 mahasiswa lagi akan diambil melalui jalur tertulis (SBMPTN,red) dan jalur mandiri UNJ, yakni Penmaba," ujar Zaenal kepada Wartakotalive.com, Selasa (12/3/2013).

Lebih lanjut, Zaenal mengatakan, program studi yang paling banyak pendaftarnya di UNJ, antara lain Akuntansi, Manajemen, PGSD, Pendidikan Bahasa Inggris, Pendidikan Matematika, Psikologi, dan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK).




Read more

Persaingan Snmptn UGM Diperkirakan Bakal Ketat

0 comments
UGM atau Universitas Gadjah Mada universitas negeri tertua di Indonesia, terletak di Yogyakarta serbu sekitar 64.804 Siswa pada seleksi Snmptn 2013. Pendaftaran Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2013 ditutup pada hari Jumat, 8 Maret 2013 pukul 22.00 WIB. Diperkirakan, sebanyak 64.804 siswa telah mendaftarkan diri.

Untuk SNMPTN 2013, UGM menyediakan sekitar 3.318 kursi atau 50 persen dari daya tampung keseluruhan penerimaan mahasiwa baru tahun ini. Pada tanggal 23 Februari tercatat sebanyak 30.042 siswa yang mendaftar di UGM. Per 6 Maret, jumlanya menjadi 64.804 pendaftar.



Menurut Kepala Bidang Humas UGM, Wijayanti di Bulaksumur, Yogyakarta, Kamis (7/3/2013), jumlahnya naik dua kali lipat.

Tahun 2012, pendaftar SNMPTN jalur undangan 2012 hanya berjumlah 29.955 siswa.

Menurut Wiwit, pilihan siswa untuk memilih program studi favorit di UGM tidak mengalami perubahan dibandingkan tahun lalu. Untuk kelompok IPA, prodi favorit diantaranya Farmasi, Pendidikan Kedokteran, Gizi Kesehatan, Keperawatan, Teknik Sipil dan Teknologi Informasi. Sedangkan di kelompok IPS yang paling banyak diminati adalah prodi Manajemen, Akuntansi, Psikologi, Hukum, dan Ilmu Komunikasi.

"Masih ada kesempatan bagi siswa untuk mendaftarkan diri hingga tanggal 8 Maret. Kami berharap kepala sekolah juga tetap teliti dalam memberikan verifikasi pendaftaran siswanya, agar data yang dimasukkan benar," katanya.

Wiwit menambahkan untuk Seleksi Mandiri UGM, terdapat dua pola, yaitu Penelusuran Bibit Unggul dan Ujian Tulis. Penelusuran Bibit Unggul terdiri dari Penelusuran Bibit Unggul Tidak Mampu (PBUTM), Penelusuran Bibit Unggul Berprestasi (PBUB), Penelusuran Bakat Olahraga dan Seni (PBOS), dan Penelusuran Bibit Unggul Kemitraan (PBUK).

Penelusuran Bibit Unggul ini dapat diikuti oleh siswa SMA/MA/SMK yang lulus pada tahun 2013 dengan pengusulan dari sekolah. Sedangkan Ujian Tulis dapat diikuti oleh lulusan tahun 2011, 2012, dan 2013.

"Dari jalur Seleksi Mandiri ini UGM akan menerima mahasiswa baru sebanyak 20 persen dari daya tampung," pungkas dia.

Dari berbagai sumber



Read more

UI Diminati Sekitar 52000 Peserta Snmptn

0 comments
Universitas Indonesia adalah kampus modern, komprehensif, terbuka, multi budaya, dan humanis yang mencakup disiplin ilmu yang luas. UI saat ini secara simultan selalu berusaha menjadi salah satu universitas riset atau institusi akademik terkemuka di dunia. Pada Snmptn tahun 2013 ini, diperkirakan sebanyak 52.000 calon mahasiswa berebut masuk Universitas Indonesia melalui Jalur Undangan Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2013.

Ketua Penerimaan Mahasiswa Baru Universitas Indonesia, Emil Budiyanto, mengungkapkan bahwa pendaftar paling banyak adalah memilih Fakultas Kedokteran untuk jurusan IPA, lalu untuk IPS yang paling banyak dipilih adalah jurusan Akuntansi.



Kendati ada 52.000 pendaftar Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2013 di Universitas Indonesia (UI), nantinya hanya akan lolos 2.200 peserta.

Ketua Penerimaan Mahasiswa Baru Universitas Indonesia, Emil Budiyanto, mengatakan, kuota mahasiswa baru di Universitas Indonesia adalah 4.250 mahasiswa.

Untuk mahasiswa yang masuk melalui SNMPTN Jalur Undangan, pihaknya hanya mengambil 50 persen, yakni 2.200 mahasiswa baru. Kemudian, sisanya, kata Emil, pihaknya bakal mengambilnya dari dua jalur masuk lain, yakni Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2013 jalur tertulis, serta jalur mandiri UI, yaitu SIMAK UI.

"Dari SBMPTN jalur tertulis akan diambil 30 persen dan dari SIMAK UI itu diambil 20 persen saja," ujar Emil kepada wartakotalive, Selasa (12/3/2013).




Read more
Friday, March 22, 2013

Proses Seleksi Snmptn 2013

0 comments
Persaingan diantara 762.690 siswa kelas XII SMA/SMA/SMK yang terdaftar sebagai peserta Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) tahun 2013, diprediksikan bakal ketat. Pasalnya mereka akan bersaing untuk memperebutkan sekitar 135.000 kursi yang disediakan oleh 61 perguruan tinggi negeri (PTN) yang tersebar di 4 wilayah di Indonesia.

Berdasarkan jadwal panitia, mulai tanggal 9 Maret proses seleksi telah dimulai dan akan berlangsung hingga tanggal 27 Mei 2013. Sungguh sebuah proses seleksi yang panjang, mengingat biasanya seleksi Snmptn terutama tertulis hanya berlangsung beberapa hari saja. Hal ini bisa dimaklumi karena Snmptn 2013 tidak lagi menerapkan sistem ujian tulis (Utul), namun sepenuhnya mengandalkan prestasi belajar siswa yang dievaluasi dari nilai rapor mereka.



Selain itu seleksi Snmptn 2013 pun mempersyaratkan bahwa siswa peserta adalah siswa SMA/SMK/MA/MAK kelas terakhir yang mengikuti UN pada tahun 2013, memiliki Nomor Induk Siswa Nasional (NISN) dan terdaftar pada PDSS, memperoleh rekomendasi dari Kepala Sekolah, dan memiliki prestasi akademik di sekolah pada semua semester. Sedangkan syarat penerimaan diantaranya lulus dari Ujian Nasional dan Satuan Pendidikan, lulus SNMPTN 2013, sehat jasmani dan rohani, dan memenuhi persyaratan lain yang ditentukan oleh masing-masing PTN penerima.

Ya ujian nasional (UN) tahun 2013 turut menentukan bagi mereka para siswa peserta. Wajarlah jika proses seleksi digelar s.d. 27 Mei 2013, karena ujian nasional SMA/MA/SMK baru akan digelar mulai tangal 15 April s.d. 18 April 2013.

Baiklah kami sampaikan gambaran Prinsip Seleksi dan Mekanisme Seleksi Snmptn 2013.

Prinsip Seleksi


  1. Seleksi dilakukan untuk mendapatkan calon mahasiswa yang berkualitas secara akademik dengan menggunakan nilai rapor dan prestasi-prestasi lainnya serta hasil ujian nasional.
  2. Seleksi dilaksanakan dengan memperhatikan kinerja sekolah.
  3. Seleksi dilaksanakan secara objektif, adil, dan akuntabeldengan menggunakan rambu-rambu kriteria seleksi nasional dan kriteria yang ditetapkan oleh PTN masing-masing.
  4. Hasil seleksi tidak harus memenuhi daya tampung apabila pelamar tidak memenuhi kriteria yang dipersyaratkan.

Mekanisme Seleksi


Seleksi dilakukan secara bertahap, yaitu:

  1. Tahap pertama, siswa pelamar akan diseleksi di PTN pilihan pertama berdasarkan urutan pilihan program studi.
  2. Apabila siswa pelamar tidak terpilih pada PTN pilihan pertama, maka akan diikutkan pada seleksi tahap kedua di PTN pilihan kedua berdasarkan urutan pilihan program studi dan ketersediaan daya tampung.

Demikian informasi Proses Seleksi Snmptn 2013 kami sampaikan, semoga anda sukses dan semoga bermanfaat! Amin Ya Rabbal Alamin!


Copyright © 2013 Pengumumansnmptn.com all rights reserved



Read more
Tuesday, March 19, 2013

Jadwal Pengumuman Snmptn 2013

0 comments
Menurut data Panitia Snmptn 2013 dipastikan sekitar 762.690 siswa kelas XII dari 1,7 juta yang tercatat pada Pangkalan Data Sekolah dan Siswa (PDSS) mendaftar untuk mengikuti Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2013. Mereka akan bersaing untuk memperebutkan sekitar 135.000 kursi yang disediakan oleh 61 PTN. Proses Seleksi bagi para peserta Snmptn tersebut dijadwalkan mulai tanggal 9 Maret s.d. 27 Mei 2013, sedangkan Pengumuman Hasil Seleksi Snmptn dijadwalkan pada tanggal 28 Mei 2013 yang akan diselenggarakan secara online.

Proses seleksi dilakukan secara bertahap, yaitu: tahap pertama, siswa pelamar akan diseleksi di PTN pilihan pertama berdasarkan urutan pilihan program studi. Selanjutnya apabila siswa pelamar tidak terpilih pada PTN pilihan pertama, maka akan diikutkan pada seleksi tahap kedua di PTN pilihan kedua berdasarkan urutan pilihan program studi dan ketersediaan daya tampung.



Adapun kriteria penerimaan selain lulus SNMPTN 2013 juga para peserta harus dinyatakan lulus dari Ujian Nasional dan Satuan Pendidikan, sehat jasmani dan rohani, serta memenuhi persyaratan lain yang ditentukan oleh masing-masing PTN penerima.

Berikut kami sampaikan Jadwal Kegiatan Snmptn 2013 :

No.Jenis KegiatanTanggal
1 Pengisian PDSS 17 Desember 2012 – 8 Februari 2013
2 Pendaftaran 1 Februari – 8 Maret 2013
3 Proses Seleksi 9 Maret – 27 Mei 2013
4 Pengumuman Hasil 28 Mei 2013
5 Pendaftaran Ulang 11-12 Juni 2013


Info Laman Resmi dan Alamat Panitia Pelaksana:

  • Informasi resmi mengenai SNMPTN dapat diakses melalui laman http://www.snmptn.ac.id.
  • Informasi resmi lainnya juga dapat diperoleh melalui http://halo.snmptn.ac.id, dan call center 08041450450.
  • Informasi juga dapat diperoleh dari humas Perguruan Tinggi Negeri terdekat.
  • Alamat Panitia SNMPTN 2013: Direktorat Pendidikan, Gedung Rektorat ITB lantai 4, Jl.Tamansari No.64 Bandung 40116. Telp/Fax. (022) 2530689.

Demikian informasi Jadwal Kelulusan Snmptn 2013 kami sampaikan, semoga anda yang mengikuti Snmptn 2013 dapat berhasil dengan baik. Mudah-mudahan lulus seleksi di PTN yang diharapkan, di jurusan yang diminati, cukup prospektif, serta sesuai dengan minat, bakat, dan kemampuan. Amin Ya Allah Ya Rabbal Alamin!



Read more
Friday, March 15, 2013

Ujian Sbmptn Diluncurkan 15 Maret

0 comments
Sebagaimana yang direncanakan oleh Pemerintah (Kemdikbud) bahwa Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2013 seyogyanya diluncurkan hari ini tanggal 15 Maret 2013 oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Mohammad Nuh. SBMPTN 2013 adalah mekanisme seleksi masuk ptn melalui ujian tertulis dan atau keterampilan yang dilaksanakan secara serentak di 62 PTN.

Ditegaskan oleh Humas Panitia SNMPTN Bambang Hermanto di Kemdikbud, Jumat (1/03/2013) bahwa siswa atau masyarakat bisa mengakses informasi terkait SBMPTN mulai 30 April 2013.



Pendaftaran SBMPTN, kata Bambang, dilakukan secara online seperti pada tahun-tahun sebelumnya. Peserta yang boleh mengikuti adalah lulusan tahun 2013, 2012, dan 2011.

Bambang mengatakan, daya tampung setiap perguruan tinggi masih dalam pembahasan. Jumlahnya, kata dia, tergantung dari rasio dosen dan mahasiswa, kapasitas ruang kelas dan lain sebagainya. “Harapan Pak Menteri daya tampung pt melalui jalur apapun seleksinya naik 10 persen,” katanya.

Bambang menyebutkan, ada tiga pola penerimaan masuk PTN yaitu SNMPTN, SBMPTN, dan Seleksi Mandiri. Dia menjelaskan, bagi ptn yang hanya menyelenggarakan dua pola yaitu SNMPTN dan SBMPTN saja, komposisi rata-rata nasional penerimaannya 60:40.

Adapun bagi ptn yang menyelenggarakan tiga pola sekaligus, porsinya 50:30:20. “ITB dan UNPAD sejak tahun lalu tidak menyelenggarakan lagi seleksi mandiri,” katanya.

Jumlah Sekolah Pendaftar SNMPTN Naik 200 Persen


Sementara itu sumlah sekolah yang mendaftar siswanya mengikuti Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2013 mengalami kenaikan hampir dua kali lipat. Pada tahun lalu jumlah sekolah yang mendaftar sebanyak 7.713. “Tahun ini jumlah sekolah yang mendaftar mencapai di atas 13 ribu,” kata Humas Panitia SNMPTN Bambang Hermanto di Kemdikbud, Jumat (1/03/2013).

Bambang mengatakan, kenaikan ini disebabkan kebijakan panitia SNMPTN, yang membebaskan pungutan uang pendaftaran. Selain itu, kata dia, juga karena tidak ada lagi batasan akreditasi sekolah yang mendaftar. “Pertama karena gratis, kedua sekarang tidak ada lagi pembatasan. Siapapun bisa mendaftar tanpa takut rugi kehilangan uang,” katanya.

Seperti diketahui pada tahun lalu ada batasan akreditasi sekolah yang boleh mendaftar SNMPTN. Batasannya yaitu sekolah berakreditasi A 50 persen, B (30 persen),C (15 persen), dan tidak terakreditasi 5 persen.

Bambang mengatakan, perubahan kebijakan ini atas masukan dari masyarakat. Menurut dia, siswa yang memiliki ranking tinggi di kelas akan memilih jurusan favorit seperti kedokteran, arsitektur, dan ekonomi. Namun, sebagian siswa ada yang memilih jurusan lain yang dianggap kurang favorit. “Sesungguhnya semua prodi favorit, tergantung kita-nya,” katanya.

Pendaftaran SNMPTN bagi siswa masih tersisa tujuh hari lagi. Pendaftaran ditutup pada 8 Maret 2013. Mulai tahun ini, SNMPTN yang akan diikuti 61 perguruan tinggi negeri (PTN) tidak membuka jalur ujian tulis, tetapi hanya jalur undangan.

Selain SNMPTN, pola seleksi masuk PTN melalui Seleksi Bersama Masuk PTN (SBMPTN) dan Seleksi Mandiri (SM). Ada 62 PTN terlibat SBMPTN termasuk IAIN Walisongo Semarang, tetapi tidak semua perguruan tinggi melakukan seleksi mandiri. Demikian info peluncuran Ujian Sbmptn tahun 2013 yang merupakan ujian pengganti ujian tulis Snmptn yang dihapuskan. Sbmptn tidak lagi ditangani oleh panitia Snmptn namun dikelola oleh Team Majelis Rektor Indonesia. Semoga bermanfaat, Amin Ya Allah Ya Rabbal Alamin!

Sumber : Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud)



Read more

Pemerintah Perluas Bidikmisi Profesi Dokter dan Guru

0 comments
Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Prof. Mohammad Nuh, DEA berjanji untuk memperluas jangkauan beasiswa Bidikmisi. Jangkauan itu diperuntukkan bagi pendidikan profesi kedokteran dan kependidikan. Sekitar Rp 1,4 triliun anggaran akan disediakan untuk beasiswa Bidikmisi bagi 91.400-an mahasiswa tidak mampu di tahun 2013. Anggaran tersebut lebih besar dari tahun lalu, dikarenakan sebagian anggaran tersebut disiapkan bagi mahasiswa kedokteran dan pendidikan guru agar bisa kuliah sampai menjadi seorang dokter, atau pengajar.

Bidikmisi adalah program afirmatif Kemdikbud yang dipayungi oleh Undang-Undang No 12 Tahun 2012. Program ini mewajibkan alokasi anggaran minimal 20 persen untuk penerimaan mahasiswa baru yang berasal dari keluarga tidak mampu.

Tingkatkan Keramahan Sosial Kepada Mahasiswa Tidak Mampu

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Mohammad Nuh juga, bersilaturahmi dengan para mahasiswa penerima beasiswa Bidikmisi di Universitas Negeri Sebelas Maret, Solo, Jawa Tengah. Kesempatan silaturahmi ini serangkaian dengan acara peresmian tujuh infrastruktur di kampus tersebut.

Sepanjang silaturahmi, suasana kekeluargaan kental terasa antara Mendikbud dan para mahasiswa. Hal itu terlihat saat Mendikbud menanyai pengalaman hidup 20 mahasiswa di antara 1.800 mahasiswa yang hadir. Dan di akhir acara, Mendikbud memberikan dukungan terhadap UNS untuk tetap melakukan keramahan sosial terhadap mahasiswa tidak mampu. "Teruskan, dan tingkatkan keramahan sosial untuk mahasiswa tidak mampu," himbau Nuh, Senin (11/3).

Menteri yang mengambil spesialisasi Teknik Elektro ini bahkan menegaskan UNS untuk tetap membuka pintu lebar-lebar terhadap siswa tidak mampu. "Gelar karpet merah untuk mereka, mahasiswa tidak mampu yang berprestasi. Karena, kemulian UNS terlihat dari banyaknya mahasiswa tidak mampu," tegas Nuh.

Dalam tiga tahun terakhir, para mahasiswa penerima Bidik Misi di UNS menunjukkan prestasi yang baik. Berdasarkan data Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) mahasiswa yang disampaikan rektor UNS Ravik Karsidi, para mahasiwa secara berkelanjutan menunjukkan prestasi yang baik. Di tahun 2010, mereka mendapatkan rata-rata IPK sebesar 3,8. Tahun 2011, mereka mendapatkan IPK rata-rata sebesar 3,48. Hal mencengangkan, tahun ini terdapat tiga mahasiswa yang mendapatkan IPK sangat memuaskan yaitu 4,00. Mereka berada di fakultas pertanian dan Fakultas MIPA.

Sumber : Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud)



Read more
Wednesday, March 13, 2013

Ujian Sbmptn Solusi Kegagalan Snmptn 2013

0 comments
Ujian Sbmptn yang akan diselenggarakan secara tertulis dan keterampilan, bisa dijadikan salah satu solusi apabila peserta Snmptn gagal menembus PTN harapannya karena ketatnya persaingan atau karena hal-hal lainnya. Calon mahasiswa yang gagal dalam pendaftaran seleksi nasional masuk perguruan tinggi negeri (SNMPTN) atau jalur prestasi masih memiliki kesempatan untuk mengikuti seleksi bersama masuk perguruan tinggi negeri (SBMPTN) atau jalur tulis.

Hal itu disampaikan Rektor Universitas Negeri Semarang (Unnes) Prof Sudijono Sastroatmodjo, ke­ma­rin. Dia mengatakan, siswa yang belum mendaftar atau tidak diberi rekomendasi oleh kepala sekolah pada jalur SNMPTN, tetap bisa mendaftar di PTN melalui jalur SBMPTN.

”Jalur SBMPTN ini pada tahun lalu sama dengan seleksi jalur tulis SNMPTN,” ungkapnya.

Tahun ini Unnes membuka kuota 35% melalui SBMPTN (2.308 mahasiswa) yang akan diterima dari jalur tersebut. Adapun jalur SNMPTN 55% (3.638 mahasiswa) dan sisanya 10% (734 mahasiswa) akan diterima lewat Seleksi Penerimaan Mahasiswa Unnes (SPMU).

”Sehingga pada Tahun Akademik 2013/2014 ini totalnya Unnes akan me­nerima 6.680 mahasiswa baru dari tiga jalur tersebut,” tutur Sudijono.

Melalui SBMPTN tersebut, Un­nes juga menyediakan Beasiswa Bi­dikmisi untuk 612 mahasiswa dari ke­luarga miskin. Secara teknis, Men­dikbud Prof Mohammad Nuh akan meluncurkan SBMPTN 2013 pada 15 Maret.

Masih Tinggi

Seleksi ujian tertulis dan keterampilan melalui jalur SBMPTN itu da­pat diikuti oleh alumni SMA/sederajat lulusan 2013, 2012, dan 2011. Pe­serta SBMPTN 2013 akan men­daftar secara online untuk memperebutkan kursi di 62 PTS se-Indonesia.

Di Undip, tercatat 110 sekolah di Ko­ta Semarang mendaftar SNMPTN ke perguruan tinggi terse­but. Jumlah itu terekam dalam data pendaftar SNMPTN yang dilakukan oleh sekolah hingga Jumat (8/3) pukul 12.00.

Menurut Rektor Undip Prof Sudharto P Hadi, jumlah itu membuktikan antusiasme masyarakat untuk belajar di perguruan tinggi yang dia pimpin itu masih tinggi. Undip men­jadi tujuan utama calon mahasiswa yang berkeinginan mendapat perkuliahan bermutu.

Jumlah sekolah itu belum termasuk untuk kota kabupaten lain. Adapun cakupan wilayah, hampir se­mua provinsi mendaftar ke Undip. Data menunjukkan, dari Aceh, Su­matra Utara, Sumatra Barat, Riau hingga Jambi. Belum lagi dari Lampung, Bengkulu, Banten Bali, Nusa Tenggara Timur hingga Kalimantan Tengah.

”Juga dari provinsi lain di Indonesia. Rata-rata calon mahasiswa dari semua provinsi ingin masuk ke Undip,” terang Sudharto.

Menurutnya, total pendaftar SNMPTN di Undip kali ini mencapai 107.851 orang dengan perincian, 55.697 orang memilih Undip se­bagai pilihan pertama dan 52.154 orang memilih Undip sebagai pilihan kedua.




Read more

Peminat dan Persaingan Snmptn Meningkat

0 comments
Peminat dan persaingan dalam Snmptn (undangan) tahun 2013 ditaksir semakin ketat. Pasalanya jumlah peserta Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2013 yang sah berjumlah sekitar 777 ribu orang. Mereka akan bersaing untuk memperebutkan antara 130 ribu hingga 150 ribu tempat di perguruan tinggi begeri (PTN) se Indonesia.

Ketua Panitia SNMPTN 2013 Akhmaloka di Jakarta, Selasa (12/3), mengatakan jumlah peserta yang belum resmi didaftarkan karena belum mendapatkan rekomendasi kepala sekolah berjumlah 2.000-3.000 orang.

Berdasarkan data hari Senin (11/3) posisi Universitas Padjajaran (Bandung, Jawa Barat) berada di urutan pertama dengan pendaftar sebanyak 75 ribu orang. Di posisi berikut adalah Universitas Gadjah Mada (Yogyakarta) dengan 72 ribu pendaftar. Sementara Universitas Brawijaya (Malang, Jawa Timur) berada di tempat ketiga dengan 71 ribu pendaftar.

Seleksi SNMPTN 2013 dilakukan berdasarkan prestasi akademik siswa di sekolah maupun secara nasional baik prestasi formal berupa rapor atau prestasi lainnya. "Kami juga akan melihat track record dari sekolah yang bersangkutan seperti bagaimana tingkat kelulusan peserta di SNMPTN dari tahun ke tahun, akreditasi, dan prestasi sekolah mereka," jelas Rektor Institut Teknologi Bandung (ITB) itu.

Hal itu, lanjutnya, dilakukan karena kualitas sekolah asal pendaftar yang berbeda-beda. Ia mengungkapkan kelulusan seseorang dalam SNMPTN 2013 juga dtentukan kemampuan dan pilihan program studi juga universitas tujuan.

Jika seorang pendaftar yang merupakan peringkat 1 dari sekolah dengan track record dan akreditasi bagus memilih program studi dan universitas yang tepat, kemungkinan besar akan diterima.

Namun jika seorang pendaftar peringkat 1 dari sekolah biasa memilih Fakultas Kedokteran UI, kemungkinan untuk diterima akan relatif kecil.

"Setiap pendaftar berhak memilih dua PTN dengan dua program studi masing-masing untuk satu PTN," kata Akhmaloka. Namun untuk PTN kedua, salah satu program studinya harus berada di universitas yang ada di provinsi asal si pendaftar.

Pengumuman peserta yang lolos SNMPTN 2013 akan dilakukan pada Mei. Para pendaftar yang tidak lolos SNMPTN 2013 dapat mengikuti Seleksi Bersama Mandiri Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN).

Akhmaloka mengatakan SBMPTN akan diluncurkan dalam beberapa hari lagi oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) M. Nuh. Proses pendaftaran SBMPTN secara daring akan dibuka pada 30 April. Masa pendaftaran akan ditutup pada akhir Mei.

SBMPTN merupakan seleksi tertulis untuk calon mahasiswa yang lulus dari SMA dan sederajat pada tahun 2011, 2012 dan 2013. Akhmaloka mengatakan, tes tertulis SBMPTN akan dilaksanakan pada awal Juni. Sedangkan hasil tes akan diumumkankan pada pertengahan Juli. "SBMPTN akan diikuti 62 PTN," tandasnya.




Read more
 
Pengumuman Snmptn © 2011 Situs Snmptn & World Sharings. Supported by Google docs viewer

Thanks for All friends