Wednesday, March 13, 2013

Ujian Sbmptn Solusi Kegagalan Snmptn 2013

0 comments

Ujian Sbmptn yang akan diselenggarakan secara tertulis dan keterampilan, bisa dijadikan salah satu solusi apabila peserta Snmptn gagal menembus PTN harapannya karena ketatnya persaingan atau karena hal-hal lainnya. Calon mahasiswa yang gagal dalam pendaftaran seleksi nasional masuk perguruan tinggi negeri (SNMPTN) atau jalur prestasi masih memiliki kesempatan untuk mengikuti seleksi bersama masuk perguruan tinggi negeri (SBMPTN) atau jalur tulis.

Hal itu disampaikan Rektor Universitas Negeri Semarang (Unnes) Prof Sudijono Sastroatmodjo, ke­ma­rin. Dia mengatakan, siswa yang belum mendaftar atau tidak diberi rekomendasi oleh kepala sekolah pada jalur SNMPTN, tetap bisa mendaftar di PTN melalui jalur SBMPTN.

”Jalur SBMPTN ini pada tahun lalu sama dengan seleksi jalur tulis SNMPTN,” ungkapnya.

Tahun ini Unnes membuka kuota 35% melalui SBMPTN (2.308 mahasiswa) yang akan diterima dari jalur tersebut. Adapun jalur SNMPTN 55% (3.638 mahasiswa) dan sisanya 10% (734 mahasiswa) akan diterima lewat Seleksi Penerimaan Mahasiswa Unnes (SPMU).

”Sehingga pada Tahun Akademik 2013/2014 ini totalnya Unnes akan me­nerima 6.680 mahasiswa baru dari tiga jalur tersebut,” tutur Sudijono.

Melalui SBMPTN tersebut, Un­nes juga menyediakan Beasiswa Bi­dikmisi untuk 612 mahasiswa dari ke­luarga miskin. Secara teknis, Men­dikbud Prof Mohammad Nuh akan meluncurkan SBMPTN 2013 pada 15 Maret.

Masih Tinggi

Seleksi ujian tertulis dan keterampilan melalui jalur SBMPTN itu da­pat diikuti oleh alumni SMA/sederajat lulusan 2013, 2012, dan 2011. Pe­serta SBMPTN 2013 akan men­daftar secara online untuk memperebutkan kursi di 62 PTS se-Indonesia.

Di Undip, tercatat 110 sekolah di Ko­ta Semarang mendaftar SNMPTN ke perguruan tinggi terse­but. Jumlah itu terekam dalam data pendaftar SNMPTN yang dilakukan oleh sekolah hingga Jumat (8/3) pukul 12.00.

Menurut Rektor Undip Prof Sudharto P Hadi, jumlah itu membuktikan antusiasme masyarakat untuk belajar di perguruan tinggi yang dia pimpin itu masih tinggi. Undip men­jadi tujuan utama calon mahasiswa yang berkeinginan mendapat perkuliahan bermutu.

Jumlah sekolah itu belum termasuk untuk kota kabupaten lain. Adapun cakupan wilayah, hampir se­mua provinsi mendaftar ke Undip. Data menunjukkan, dari Aceh, Su­matra Utara, Sumatra Barat, Riau hingga Jambi. Belum lagi dari Lampung, Bengkulu, Banten Bali, Nusa Tenggara Timur hingga Kalimantan Tengah.

”Juga dari provinsi lain di Indonesia. Rata-rata calon mahasiswa dari semua provinsi ingin masuk ke Undip,” terang Sudharto.

Menurutnya, total pendaftar SNMPTN di Undip kali ini mencapai 107.851 orang dengan perincian, 55.697 orang memilih Undip se­bagai pilihan pertama dan 52.154 orang memilih Undip sebagai pilihan kedua.




Related Articles:

Leave a Reply

 
Pengumuman Snmptn © 2011 - 2016 Situs Snmptn & World Sharings. Supported by School Directory

Thanks for All friends