Friday, March 15, 2013

Ujian Sbmptn Diluncurkan 15 Maret

0 comments

Sebagaimana yang direncanakan oleh Pemerintah (Kemdikbud) bahwa Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2013 seyogyanya diluncurkan hari ini tanggal 15 Maret 2013 oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Mohammad Nuh. SBMPTN 2013 adalah mekanisme seleksi masuk ptn melalui ujian tertulis dan atau keterampilan yang dilaksanakan secara serentak di 62 PTN.

Ditegaskan oleh Humas Panitia SNMPTN Bambang Hermanto di Kemdikbud, Jumat (1/03/2013) bahwa siswa atau masyarakat bisa mengakses informasi terkait SBMPTN mulai 30 April 2013.



Pendaftaran SBMPTN, kata Bambang, dilakukan secara online seperti pada tahun-tahun sebelumnya. Peserta yang boleh mengikuti adalah lulusan tahun 2013, 2012, dan 2011.

Bambang mengatakan, daya tampung setiap perguruan tinggi masih dalam pembahasan. Jumlahnya, kata dia, tergantung dari rasio dosen dan mahasiswa, kapasitas ruang kelas dan lain sebagainya. “Harapan Pak Menteri daya tampung pt melalui jalur apapun seleksinya naik 10 persen,” katanya.

Bambang menyebutkan, ada tiga pola penerimaan masuk PTN yaitu SNMPTN, SBMPTN, dan Seleksi Mandiri. Dia menjelaskan, bagi ptn yang hanya menyelenggarakan dua pola yaitu SNMPTN dan SBMPTN saja, komposisi rata-rata nasional penerimaannya 60:40.

Adapun bagi ptn yang menyelenggarakan tiga pola sekaligus, porsinya 50:30:20. “ITB dan UNPAD sejak tahun lalu tidak menyelenggarakan lagi seleksi mandiri,” katanya.

Jumlah Sekolah Pendaftar SNMPTN Naik 200 Persen


Sementara itu sumlah sekolah yang mendaftar siswanya mengikuti Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2013 mengalami kenaikan hampir dua kali lipat. Pada tahun lalu jumlah sekolah yang mendaftar sebanyak 7.713. “Tahun ini jumlah sekolah yang mendaftar mencapai di atas 13 ribu,” kata Humas Panitia SNMPTN Bambang Hermanto di Kemdikbud, Jumat (1/03/2013).

Bambang mengatakan, kenaikan ini disebabkan kebijakan panitia SNMPTN, yang membebaskan pungutan uang pendaftaran. Selain itu, kata dia, juga karena tidak ada lagi batasan akreditasi sekolah yang mendaftar. “Pertama karena gratis, kedua sekarang tidak ada lagi pembatasan. Siapapun bisa mendaftar tanpa takut rugi kehilangan uang,” katanya.

Seperti diketahui pada tahun lalu ada batasan akreditasi sekolah yang boleh mendaftar SNMPTN. Batasannya yaitu sekolah berakreditasi A 50 persen, B (30 persen),C (15 persen), dan tidak terakreditasi 5 persen.

Bambang mengatakan, perubahan kebijakan ini atas masukan dari masyarakat. Menurut dia, siswa yang memiliki ranking tinggi di kelas akan memilih jurusan favorit seperti kedokteran, arsitektur, dan ekonomi. Namun, sebagian siswa ada yang memilih jurusan lain yang dianggap kurang favorit. “Sesungguhnya semua prodi favorit, tergantung kita-nya,” katanya.

Pendaftaran SNMPTN bagi siswa masih tersisa tujuh hari lagi. Pendaftaran ditutup pada 8 Maret 2013. Mulai tahun ini, SNMPTN yang akan diikuti 61 perguruan tinggi negeri (PTN) tidak membuka jalur ujian tulis, tetapi hanya jalur undangan.

Selain SNMPTN, pola seleksi masuk PTN melalui Seleksi Bersama Masuk PTN (SBMPTN) dan Seleksi Mandiri (SM). Ada 62 PTN terlibat SBMPTN termasuk IAIN Walisongo Semarang, tetapi tidak semua perguruan tinggi melakukan seleksi mandiri. Demikian info peluncuran Ujian Sbmptn tahun 2013 yang merupakan ujian pengganti ujian tulis Snmptn yang dihapuskan. Sbmptn tidak lagi ditangani oleh panitia Snmptn namun dikelola oleh Team Majelis Rektor Indonesia. Semoga bermanfaat, Amin Ya Allah Ya Rabbal Alamin!

Sumber : Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud)



Related Articles:

Leave a Reply

 
Pengumuman Snmptn © 2011 - 2016 Situs Snmptn & World Sharings. Supported by School Directory

Thanks for All friends