Friday, March 22, 2013

Proses Seleksi Snmptn 2013

0 comments

Persaingan diantara 762.690 siswa kelas XII SMA/SMA/SMK yang terdaftar sebagai peserta Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) tahun 2013, diprediksikan bakal ketat. Pasalnya mereka akan bersaing untuk memperebutkan sekitar 135.000 kursi yang disediakan oleh 61 perguruan tinggi negeri (PTN) yang tersebar di 4 wilayah di Indonesia.

Berdasarkan jadwal panitia, mulai tanggal 9 Maret proses seleksi telah dimulai dan akan berlangsung hingga tanggal 27 Mei 2013. Sungguh sebuah proses seleksi yang panjang, mengingat biasanya seleksi Snmptn terutama tertulis hanya berlangsung beberapa hari saja. Hal ini bisa dimaklumi karena Snmptn 2013 tidak lagi menerapkan sistem ujian tulis (Utul), namun sepenuhnya mengandalkan prestasi belajar siswa yang dievaluasi dari nilai rapor mereka.



Selain itu seleksi Snmptn 2013 pun mempersyaratkan bahwa siswa peserta adalah siswa SMA/SMK/MA/MAK kelas terakhir yang mengikuti UN pada tahun 2013, memiliki Nomor Induk Siswa Nasional (NISN) dan terdaftar pada PDSS, memperoleh rekomendasi dari Kepala Sekolah, dan memiliki prestasi akademik di sekolah pada semua semester. Sedangkan syarat penerimaan diantaranya lulus dari Ujian Nasional dan Satuan Pendidikan, lulus SNMPTN 2013, sehat jasmani dan rohani, dan memenuhi persyaratan lain yang ditentukan oleh masing-masing PTN penerima.

Ya ujian nasional (UN) tahun 2013 turut menentukan bagi mereka para siswa peserta. Wajarlah jika proses seleksi digelar s.d. 27 Mei 2013, karena ujian nasional SMA/MA/SMK baru akan digelar mulai tangal 15 April s.d. 18 April 2013.

Baiklah kami sampaikan gambaran Prinsip Seleksi dan Mekanisme Seleksi Snmptn 2013.

Prinsip Seleksi


  1. Seleksi dilakukan untuk mendapatkan calon mahasiswa yang berkualitas secara akademik dengan menggunakan nilai rapor dan prestasi-prestasi lainnya serta hasil ujian nasional.
  2. Seleksi dilaksanakan dengan memperhatikan kinerja sekolah.
  3. Seleksi dilaksanakan secara objektif, adil, dan akuntabeldengan menggunakan rambu-rambu kriteria seleksi nasional dan kriteria yang ditetapkan oleh PTN masing-masing.
  4. Hasil seleksi tidak harus memenuhi daya tampung apabila pelamar tidak memenuhi kriteria yang dipersyaratkan.

Mekanisme Seleksi


Seleksi dilakukan secara bertahap, yaitu:

  1. Tahap pertama, siswa pelamar akan diseleksi di PTN pilihan pertama berdasarkan urutan pilihan program studi.
  2. Apabila siswa pelamar tidak terpilih pada PTN pilihan pertama, maka akan diikutkan pada seleksi tahap kedua di PTN pilihan kedua berdasarkan urutan pilihan program studi dan ketersediaan daya tampung.

Demikian informasi Proses Seleksi Snmptn 2013 kami sampaikan, semoga anda sukses dan semoga bermanfaat! Amin Ya Rabbal Alamin!


Copyright © 2013 Pengumumansnmptn.com all rights reserved



Related Articles:

Leave a Reply

 
Pengumuman Snmptn © 2011 Situs Snmptn & World Sharings. Supported by Google docs viewer

Thanks for All friends