Monday, March 25, 2013

Persaingan Snmptn Unimed Naik Sekitar 4 Lipat

0 comments

Universitas Negeri Medan (disingkat UNIMED) merupakan perguruan tinggi negeri di Medan, Indonesia, yang berdiri pada 23 Juni 1963. Untuk Snmptn 2013 data pendaftar Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) melalui jalur undangan ke Universitas Negeri Medan (Unimed) hingga 1 Maret 2013 mencapai 23.516 orang.

Jumlah ini naik empat kali lipat dibandingkan tahun sebelumnya yang berjumlah sekitar 6.000 orang. “Iya,jumlah pendaftar naik empat kali lipat karena tahun ini semua sekolah bisa mendaftar SNMPTN jalur undangan,” kata Ketua Panitia SNMPTN Unimed Khairil Anshari di Medan, Jumat (1/3). Khairil menjelaskan, tahun lalu, penerimaan SNMPTN lebih sedikit karena pendaftaran siswa dibatasi oleh akreditasi sekolah.Hal ini berbeda dengan tahun ini karena semua sekolah yang telah terdaftar dalam Pusat Data Sekolah dan Siswa (PDSS) bisa mengikuti seleksi.



“Masih ada waktu sampai tanggal 8 Maret bagi siswa yang belum mendaftar,”ucap Khairil. Dari 23.516 siswa yang mendaftar untuk mengikuti SNMPTN jalur undangan ke Unimed, Khairil tidak bisa menguraikan jurusan yang paling diminati oleh para siswa di Perguruan Tinggi Negeri (PTN) itu. Sebab,Panitia Pusat SNMPTN sendiri tidak merincinya. “Tidak ada.Kami hanya diberikan data laporan jumlah pendaftar secara keseluruhan saja setiap hari,”ujarnya.

Khairil juga menyampaikan, jumlah kuota yang disediakan tahun ini untuk jalur undangan mencapai 50% dari daya tampung Unimed sekitar 4.000 kursi.Berbeda dengan tahun sebelumnya, yang diterima masuk hanya sekitar 30% atau 1.049 orang. Selain itu,pria yang menjabat Pembantu Rektor I Unimed ini mengatakan,dalam pendaftaran SNMPTN, siswa bisa mengajukan program beasiswa pendidikan miskin berprestasi (Bidik Misi).

Tercatat,hingga saat ini sudah ada 459 siswa yang mengajukannya. Kepala Bidang Pendidikan Menengah dan Kejuruan Dinas Pendidikan Pemko Medan Marasutan Siregar mengimbau sekolah-sekolah di Kota Medan agar mengingatkan siswa-siswanya mendaftar, sebelum 8 Maret nanti.Terlebih lagi,program ini gratis.

Mulai tahun ajaran 2000/2001, penyelenggaraan pendidikan di UNIMED dalam program kependidikan dan non-kependidikan dilaksanakan dengan mengacu pada format kurikulum bersama untuk bobot enam semester yang dinamai “Kurikulum Bersama Enam Semester Program Nonkependidikan dan Kependidikan” yang telah dimulai pada t.a. 2000/2001. Dengan format seperti ini diharapkan akan terjadi peningkatan mutu lulusan pada kedua jurusan/program studi terutama pada peserta program kependidikan (Sarjana Pendidikan/S.Pd) karena mempunyai kemampuan bidang ilmu yang sama dengan peserta program non-kependidikan.



Related Articles:

Leave a Reply

 
Pengumuman Snmptn © 2011 - 2016 Situs Snmptn & World Sharings. Supported by School Directory

Thanks for All friends