Friday, February 8, 2013

Jika Lulus SNMPTN Sebaiknya Tidak Ikut SBMPTN

0 comments

Apabila seorang siswa peserta Snmptn 2013 dinyatakan lulus, disarankan hasil Snmptn 2013 itu diambil dan sebaiknya tidak mengambil Seleksi PTN lain termasuk SBMPTN alias Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri.

Hal tersebut dikuatkan oleh Ketua Umum Panitia Nasional SNMPTN 2013 Prof. Akhmaloka yang mengingatkan bahwa peserta yang lulus SNMPTN tidak boleh mengikuti SBMPTN, kecuali melepaskan kelulusannya. Menurutnya kalau ikut tes SBMPTN, pilihan SNMPTN-nya didrop atau tidak diterima statusnya.

Permasalahannya tersebut tentunya sudah disadari oleh sebagaian besar para peserta Snmptn, namun terkadang hasil Snmptn tidak selalu sesuai harapan. Makanya faktor inilah kiranya sebagai salah satu motif kenapa mereka yang sudah lulus ingin ikut lagi seleksi yang lainnya. Menurut hemat kami memang sebaiknya hasl Snmptn tersebut diambil karena bersaing di seleksi tulis yang bernama Sbmptn dimungkinkan bakal semakin ketat. Ditambah lagi dengan peserta yang berasal dari alumni 2011 dan 2012 yang masih bisa mengikuti SBMPTN.

Sebagaimana kita ketahui bahwa kesempatan alumni untuk masuk perguruan tinggi negeri (PTN) masih terbuka. Alumni dapat mengikuti jalur Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) dan seleksi PTN seperti UMB PTN, Jalur Mandiri PTN, dan seleksi PTN lainnya.

Seleksi SBMPTN digelar oleh Majelis Rektor Perguruan Tinggi Negeri Indonesia (MRPTNI). Seleksi ini dimaksudkan untuk memberi kesempatan alumni SMA dan sekolah sederajat untuk dapat menempuh studi di PTN. Pasalnya, tahun ini SNMPTN digelar hanya melalui jalur undangan dengan mempertimbangkan nilai rapor dan ujian nasional, dan khusus diperuntukkan bagi siswa SMA kelas XII.

Karena digelar usai Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2013, SBMPTN juga dapat diikuti oleh para siswa SMA yang akan mengikuti ujian nasional (UN) tahun 2013. Artinya, peserta SNMPTN pun memiliki kesempatan mengikuti ujian tulis dalam SBMPTN.

Menurut sumber resmi bahwa terdapat sekitar 62 PTN mengikuti SBMPTN Peserta SBMPTN adalah lulusan SMA dan sekolah sederajat tahun 2011 dan 2012, serta mereka yang akan mengikuti UN tahun 2013. Selain itu, lulusan Paket C (IPA dan IPS) serta Lulusan Paket C Kejuruan juga dapat mengikuti seleksi melalui jalur SBMPTN. Karena mereka mempunyai hak yang sama seperti halnya para alumni dan lulusan SMA/MA sederajat tahun pelajaran 2012/2013.

So, apabila anda lulus Snmptn di Perguruan Tingi Negeri yang dipilih, di program studi yang prospektif dalam arti luas dan sesuai dengan harapanmu, maka sebaiknya hasil kelulusan tersebut diambil. Namun jika anda menginginkan PTN via seleksi SBMPTN, why not? It's up to you, namun jangan sampai anda sendiri tidak mempersiapkan Sbmptn dengan baik, karena SBMPTN bisa dianggap sebagai pengganti Snmptn Tulis, sang rajanya seleksi :) . Jadi, kamu kudu benar-benar Latihan Soal Sbmptn 2013 dengan sebaik-baiknya agar kamu tidak kecewa dengan hasilnya. Ok, Selamat berjuang, semoga sukses, Amin Ya Rabal Alamin!


Copyright@2013 www.pengumumansnmptn.com




Related Articles:

Leave a Reply

 
Pengumuman Snmptn © 2011 - 2016 Situs Snmptn & World Sharings. Supported by School Directory

Thanks for All friends