Tuesday, December 11, 2012

Ujian Tulis Snmptn 2013 Resmi Dihapuskan

4 comments

Pemerintah (Kemdikbud) telah mengambil kebijakan menghapuskan ujian tulis Snmptn 2013. Langkah tersebut diambil karena Pemerintah memandang satu jalur undangan saja sudah dianggap cukup efektif (red.). Daya tampung untuk Snmptn 2013 sekitar 150.000 kursi atau 50 persen dari jumlah total kursi bagi mahasiswa baru yang mencapai 300.000 kursi. Untuk mengakomodir siswa yang menginginkan ujian tulis, jalur tersebut tetap diadakan, dengan nama Seleksi Mandiri Bersama. Dimana seleksi ini akan diselenggarakan oleh Majelis Rektor Perguruan Tinggi Negeri. Alokasi daya tampung untuk Seleksi Mandiri ini adalah 30 persen. Sedangkan sisanya 20 persen calon mahasiswa baru lainnya akan diperoleh melalui Jalur Mandiri yang diselenggarakan masing-masing Perguruan Tinggi Negeri (PTN).

Ketua Panitia Pelaksana SNMPTN 2013 Akhmaloka, saat jumpa pers sekaligus Peluncuran SNMPTN 2013 di Graha Utama Kemdikbud, Jakarta, (10/12) menegaskan bahwa Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) tahun 2013 tidak akan membuka jalur ujian tulis, tetapi hanya jalur undangan. Seleksi akan dilakukan berdasarkan nilai rapor dan prestasi lainnya, serta mempertimbangkan nilai ujian nasional (UN).

Beliau menjelaskan, siswa yang berhak mengikuti SNMPTN adalah siswa yang memiliki rekam jejak prestasi akademik di Pangkalan Data Sekolah dan Siswa (PDSS). Kepala sekolah harus mengirim data sekolah dan siswa ke PDSS-SNMPTN, kemudian kepala sekolah akan memperoleh password untuk setiap siswa. Selanjutnya, siswa melakukan verifikasi data rekam jejak prestasi akademik yang diisikan kepala sekolah dengan menggunakan Nomor Induk Siswa Nasional (NISN) dan password yang diberikan kepala sekolah.

Setelah pengisian PDSS selesai, siswa bisa mendaftarkan diri menjadi peserta SNMPT dengan login ke laman SNMPTN http://snmptn.ac.id , dan mengisi biodata pilihan perguruan tinggi negeri (PTN), pilihan program studi, serta meng-upload pas foto resmi terbaru dan dokumen prestasi tambahan. Setiap siswa peserta SNMPTN dapat memilih sebanyak-banyaknya dua PTN yang diminati.

Jadwal pelaksanaan SNMPTN 2013 dibagi menjadi lima tahap. Pertama, pengisian PDSS oleh kepala sekolah dilakukan pada 17 Desember 2012 – 8 Februari 2013, dan selanjutnya diisikan secara berkala setiap akhir semester. Kedua, pendaftaran oleh siswa, akan berlangsung pada 1 Februari – 8 Maret 2013. Ketiga, proses seleksi dilaksanakan pada 9 Maret – 27 Mei 2013. Keempat, pengumuman hasil seleksi, pada 28 Mei 2013. Terakhir, pendaftaran ulang bagi peserta yang lulus seleksi, pada 11 – 12 Juni 2013.

Mendikbud Mohammad Nuh mengatakan, seleksi dengan mempertimbangkan nilai rapor dan UN ini merupakan pengakuan jenjang pendidikan tinggi kepada jenjang pendidikan menengah atas. Ia menyadari, sistem ini menuntut kesiapan sekolah, siswa, dan masyarakat secara umum. "Bagaimanapun, kita harus siap. Jangan terjebak pada pemikiran akan siap atau tidak," katanya tegas.

Pembiayaan Snmptn

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Mohammad Nuh mengatakan, Kemendikbud mengalokasikan dana sekitar Rp100 miliar dalam APBN 2013 untuk keperluan Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2013. Alokasi anggaran untuk keperluan seleksi nasional tersebut sebesar Rp100 miliar sehingga peserta tidak dipungut biaya pendaftaran.

Hal tersebut, menurut Menteri sesuai dengan amanah undang-undang bahwa pendidikan di Indonesia harus berkeadilan dan menjamin bahwa siapa saja dapat melanjutkan ke pendidikan yang lebih tinggi.

Sementara itu, Ketua Umum Panitia Pelaksana SNMPTN 2013 Akhmaloka mengatakan kuota penerimaan mahasiswa baru melalui jalur undangan pada SNMPTN 2013 itu sebesar 60 persen untuk seluruh Indonesia.

Sumber : Kemdikbud dan media terkait lainnya yang terpercaya.

Related Articles:

4 comments:

  1. 'harus berkeadilan dan menjamin bahwa siapa saja dapat melanjutkan ke pendidikan yang lebih tinggi' ? gak salah ? terus gimana nasib alumni 2012 dan 2013 yang belum berhasil di snmptn 2012 dan ingin mencoba lagi ? bukannya tetep gak adil kalo bagi mereka tetep harus bayar biaya kuliah lebih tinggi karena masuk melalui jalur UM ? untuk siapa biaya yang banyak udh dikeluarkan tapi masih ada mahasiswa yg biaya pendidikannya tinggi dan gak dikasih kesempatan ? ini bukan keadilan pak

    ReplyDelete
  2. walah... nilai aku gk rata2 80... gk dapat undangan paling neh...

    ReplyDelete
  3. emang ud bnran resmi di hapus ya? Wah selamat negara ku semakin hancur, , jalur yang paling murni malah di hapus, ,

    ReplyDelete
  4. di mana keadilan nya ? lulusan 2012 yg kemarin tersingkir mau gk mau harus ikt mandiri padahal biaya nya gk sedikit dan itu jelas akan menyulitkan calon mahasiswa yang kurang mampu. apakah ini solusi dari pemerintah ? mohon jawabanya pakdhe budhe yg ada di kursi pemerintahan sekarang.

    ReplyDelete

 
Pengumuman Snmptn © 2011 Situs Snmptn & World Sharings. Supported by Google docs viewer

Thanks for All friends