Sunday, December 16, 2012

Mekanisme Seleksi Snmptn 2013

0 comments

Ketua Umum Panitia Pelaksana SNMPTN 2013, Prof. Akhmaloka, mengatakan bahwa mekanisme penjaringan dengan nilai rapor dan hasil UN sama dengan mekanisme penerimaan mahasiswa baru melalui jalur undangan pada SNMPTN 2012. Hanya saja kali ini, kuota yang disediakan jauh lebih banyak yaitu sebesar 60 persen untuk seluruh Indonesia. Bedanya Snmptn tahun 2013 dengan Snmptn Undangan 2012 diantaranya dalam masalah biaya pendaftaran. Untuk Snmptn 2013 biaya pendaftaran ditanggung Pemerintah, dengan kata lain siswa calon peserta gratis biaya pendaftaran.

Sedangkan prinsip dan mekanisme seleksi bisa kami jelaskan sebagai berikut :

Prinsip Seleksi

  1. Seleksi dilakukan untuk mendapatkan calon mahasiswa yang berkualitas secara akademik dengan menggunakan nilai rapor dan prestasi-prestasi lainnya serta hasil ujian nasional.
  2. Seleksi dilaksanakan dengan memperhatikan kinerja sekolah.
  3. Seleksi dilaksanakan secara objektif, adil, dan akuntabeldengan menggunakan rambu-rambu kriteria seleksi nasional dan kriteria yang ditetapkan oleh PTN masing-masing.
  4. Hasil seleksi tidak harus memenuhi daya tampung apabila pelamar tidak memenuhi kriteria yang dipersyaratkan.

Mekanisme Seleksi

Seleksi dilakukan secara bertahap, yaitu:

  1. Tahap pertama, siswa pelamar akan diseleksi di PTN pilihan pertama berdasarkan urutan pilihan program studi.
  2. Apabila siswa pelamar tidak terpilih pada PTN pilihan pertama, maka akan diikutkan pada seleksi tahap kedua di PTN pilihan kedua berdasarkan urutan pilihan program studi dan ketersediaan daya tampung.

Seluruh Rektor Perguruan Tinggi Negeri (PTN) se-Indonesia diinstruksikan melakukan sosialisasi ke seluruh sekolah SMA sederajat tentang penyelenggaraan jalur undangan Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) tahun 2013. Pihak kepala sekolah diminta mengisi data rapor siswa melalui Pangkalan Data Siswa Sekolah (PDSS) mulai hari ini Senin (17/12).

Mekanisme pendaftaran tahap pengisian PDSS akan dimulai dari kepala sekolah dengan mengisi data calon siswa secara daring (online) yang bisa dibuka pada website SNMPTN. Kemudian kepala sekolah memberikan password kepada setiap siswa utuk melakukan verifikasi data yang telah di isi kepala sekolah nya.

Nantinya ada tahapan dimana siswa melakukan verifikasi data rapor yang diisi kepala sekolahnya, apakah benar atau tidak data yang di isi atau ada kesalahan nilai atau seperti apa. Nah setelah siswa melakukan verifikasi dan disetujui kepala sekolah para siswa akan kita berikan nomor PIN melalui kepala sekolahnya untuk pendaftaran masuk SNMPTN 2013.

Related Articles:

Leave a Reply

 
Pengumuman Snmptn © 2011 Situs Snmptn & World Sharings. Supported by Google docs viewer

Thanks for All friends