Wednesday, December 12, 2012

Cara Pendaftaran Snmptn 2013

0 comments

Walaupun biaya pendaftaran Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2013 digratiskan namun cara pendaftaran Snmptn 2013 perlu difahami dengan baik oleh para calon peserta Snmptn. Mekanisme pendaftaran ujian tulis Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri 2013 seperti halnya tahun 2012 dilakukan sepenuhnya melalui sistem "online". Pada tahun 2011 pendaftaran diproses oleh teller bank bersamaan dengan pembayaran biaya ujian, tetapi mulai tahun 2012 dilakukan sendiri oleh calon peserta secara online (daring).

Pendaftaran Snmptn tahun 2013 diawali dengan tahapan Pengisian PDSS oleh Kepala Sekolah melalui laman http://pdss.snmptn.ac.id. Setelah Kepala Sekolah mendapatkan password setiap siswa yang akan digunakan untuk melakukan verifikasi, selanjutnya siswa melakukan verikasi data rekam jejak prestasi akademik yang diisikan oleh Kepala Sekolah dengan menggunakan NISN dan password yang diberikan oleh Kepala Sekolah. Dan bagi siswa yang tidak melaksanakan verifikasi maka data rekam jejak prestasi akademik yang diisikan oleh Kepala Sekolah dianggap benar dan tidak dapat diubah setelah waktu verifikasi berakhir.

Langkah selanjutnya Siswa Pelamar mulai tanggal 1 Februari – 8 Maret 2013 harus menempuh langkah-langkah pendaftaran sbb:

  1. Siswa Pelamar, menggunakan NISN dan password, yang diberikan oleh Kepala Sekolah pada waktu verifikasi data di PDSS, login ke laman SNMPTN http://www.snmptn.ac.id untuk melakukan pendaftaran.
  2. Siswa Pelamar mengisi biodata, pilihan PTN, dan pilihan program studi, serta mengunggah (upload) pasfoto resmi terbaru dan dokumen prestasi tambahan. Siswa pelamar harus membaca dan memahami seluruh ketentuan yang berlaku pada PTN yang akan dipilih.
  3. Kepala Sekolah harus memberi rekomendasi kepada siswa yang sudah mendaftar SNMPTN.
  4. Pelamar program studi keolahragaan dan seni harus mengunggah portofolio atau dokumen bukti keterampilan yang diisi oleh Kepala Sekolah dan/atau siswa menggunakan pedoman yang dapat diunduh pada laman http://www.snmptn.ac.id.
  5. Siswa pelamar mencetak Kartu Bukti Pendaftaran sebagai tanda bukti peserta SNMPTN.

Panduan Memilih Prodi dan Mengenai Jumlah Pilihan:

  • Setiap siswa pelamar dapat memilih sebanyak-banyaknya 2 (dua) PTN yang diminati. Apabila memilih satu PTN, maka PTN yang dipilih dapat berada di provinsi mana pun. Apabila memilih lebih dari satu PTN, maka salah satu PTN harus berada di provinsi yang sama dengan SMA asalnya, atau dari provinsi terdekat bila belum terdapat PTN pada provinsi asalnya.
  • Siswa pelamar dapat memilih sebanyak-banyaknya 2 (dua) program studi yang diminati pada masing-masing PTN.
  • Urutan pilihan PTN dan program studi menyatakan prioritas pilihan.
  • Daftar program studi dan daya tampung SNMPTN tahun 2013 dapat dilihat pada laman http://www.snmptn.ac.id selama periode pendaftaran.

Calon peserta seleksi nasional masuk perguruan tinggi negeri agar cermat dalam pendaftaran secara online. Ketidakcermatan dan tergesa-gesa bisa menyebabkan kekeliruan sehingga peserta harus mengulang pengisian. Pada Snmptn sebelumnya konsekuensi kekeliruan, calon peserta membayar kembali biaya pendaftaran untuk mendapatkan nomor identifikasi (PIN) dan kartu akses pembayaran.

Diharapkan para guru di sekolah memberi bimbingan kepada siswanya agar berhati-hati dalam melakukan pendaftaran SNMPTN.

Diolah dengan bersumberkan data Panitia dan sumber lainnya.

Copyright@2012 pengumumansnmptn.com

Related Articles:

Leave a Reply

 
Pengumuman Snmptn © 2011 Situs Snmptn & World Sharings. Supported by Google docs viewer

Thanks for All friends